Serba Tutorial | Internet Marketing | Blogging | Komputer | Smartphone

6 Point Penting Meningkatkan Profit Penjualan Bisnis Online



Point Penting Meningkatkan Profit Penjualan Bisnis Online - Bisnis online adalah sebuah bisnis yang lebih memfokuskan strategi penjualan produk, pengiklanan, promosi, dan lainnya secara online saja. Bisnis online banyak sekali macamnya yang berpotensi mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah penjualan produk secara online.

Penjualan produk secara online yang paling penting adalah untuk bisa memperoleh perhatian dari setiap pelaku bisnis. Dari penjualan tersebutlah satu usaha dapat memperoleh revenue, dan dari revenue inilah kelak para pebisnis online dapat memperoleh keuntungan.

Selain aktif beriklan di berbagai social media, Google, atau marketplace, nyatanya masih terdapat banyak langkah lain yang dapat di manfaatkan untuk meningkatkan angka penjualan, sehingga usaha yang anda kelola dapat memperoleh profit/keuntungan yang lebih.


Nah pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa strategi jitu yang bisa anda coba guna meningkatkan profit dalam penjualan online untuk usaha yang anda kelola.

Baca Juga : 
8 Jenis Bisnis Online Paling Potensial Dengan Modal yang Minim

Point Penting Meningkatkan Profit Penjualan Bisnis Online

1. Jemput dan Sambut Pelanggan
Jemput dan Sambut Pelanggan. Yaps ini adalah strategi sederhana dalam penjualan secara online, sebagai pelaku bisnis online memang sebaiknya haruslah aktif untuk menjemput pelanggan. Sehingga dari hasil penjualan tersebut dapat menjadi keuntungan untuk usaha yang anda kelola.

Kebanyakan pelaku bisnis online sering malas untuk menjemput pelanggan, karena memang dengan sistem mendatangi pelanggan satu per satu sangatlah boros waktu, sehingga banyak pelaku bisnis online lebih memilih untuk menemui mereka melalui pesan broadcast BBM dan lainnya.

2. Segmentasi Pelanggan
Yang perlu anda lakukan dalam hal ini adalah membagi pasar penjualan menjadi segemen-segmen tertentu sesuai dengan minat dan daya beli dari pelanggan. Setelah mengetahui minat dan daya beli pelanggan selanjutnya adalah membuat varian produk baru yang sesuai dengan segmentasi pasar anda sesuai daya beli pelanggan.

3. Ambil dan Rekrut Pelanggan Baru
Bila ingin perolehan keuntungan lebih, solusinya adalah dengan memperbanyak sales, dengan ini maka anda akan mendapatkan profit dari poduk yang terjual oleh sales. Dalam hal ini anda harus bisa merekrut customer baru, baik dengan ekspansi produk, ekspansi lokasi, maupun membuat promo yang lebih inovatif agar bisa menarik perhatian pelanggan.

4. Meningkatkan Kapasitas Pelanggan
Kapasitas pelanggan memiliki dua type, yaitu pelanggan yang setia dan pelanggan yang belum setia. Perbedaannya adalah pelanggan setia kemungkinan besar akan membeli produk anda kembali ketika terdapat varian baru. Namun untuk pelanggan yang belum setia biasanya kecil kemungkinannya untuk membeli produk di anda kembali, oleh karena itu dibutuhkan pendekatan lebih agar mereka jadi pelanggan yang setia. Salah satu cara yang dapat anda pakai adalah dengan memberikan promo potongan harga, memudahkan pembayaran, menambah cara pembayaran, dan masih banyak lainnya yang dapat anda terapkan.

5. Meningkatkan Kerja Sama Team
Membangun kemampuan kerja sama team adalah point yang sangat penting guna meningkatkan profit dari penjualan produk yang anda jual. Melakukan penjualan seorang diri adalah adalah hal yang cukup sulit untuk di lakukan. Ada kalanya dimana anda harus dibantu oleh tim, tentunya adalah agar strategi penjualan yang anda terapkan dapat berjalan dengan maksimal dan tentunya akan mendatangkan profit yang lebih. Bila kerja sama team kurang baik, pastinya juga akan susah untuk memperoleh lebih banyak pelanggan.

6. Membuka Area Coverage
Dalam poin ini, anda diharuskan untuk melakukan ekspansi usaha untuk bisa mencapai target penjualan atau bahkan melebihi target penjualan. Dalam hal ini anda dapat menambahkan varian produk jenis baru dengan segmentasi pasar berbeda atau memperluas ruang pemasaran produk yang anda jual. Sebagai contoh lokasi penjualan anda adalah area Jawa, maka anda perlu mencoba untuk ekspansi ke lokasi luar area Jawa.

Baca Juga :
Demikianlah pembahasan kali ini mengenai 6 Point Penting Meningkatkan Profit Penjualan Bisnis Online. Saya rasa cukup sekian artikel kali ini dan semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.

Baca Artikel Menarik Lainnya:
Memuat...

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Berlangganan Artikel Gratis Via Email