Serba Tutorial | Internet Marketing | Blogging | Komputer | Smartphone

Persaingan Tidak Sehat Bisnis Dropship di Marketplace



Persaingan Tidak Sehat Bisnis Dropship di Marketplace - Dropshiper adalah sebuah sistem jual beli online yang mana kita tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali, karena dalam sistem dropship ini kita tidak perlu menyediakan stok barang, tugas dari pelaku dropship hanyalah mencari dan menawarkan produk kepada konsumen, jika ada yang ingin membeli produk tersebut maka akan di kirim dari pihak supplier dan distributor langsung.

Bagi yang cukup cerdas bisnis dropship adalah peluang yang cukup menguntungkan untuk mendapatkan penghasilan meskipun dengan modal yang sangat minim atau bahkan tanpa modal sekalipun. Ada beberapa point yang membuat sistem bisnis seperti ini dipilih oleh banyak orang dan pengusaha dalam mendistribusikan produk jualannya melalui internet.


Keuntungan Sistem Dropship Bagi Supplier dan Dropshiper

Bagi Supplier :
  • Memiliki banyak member dan memperluas penjualan.
  • Distribusi produk yang di jual lebih cepat berjalan dengan banyaknya reseller/dropshiper.
  • Menghemat biaya promosi, karena bisa lebih ditekankan pada member.
  • Tidak perlu membuat kampanye panjang setiap ada produk baru. Cukup informasikan kepada member, maka produk sudah bertebaran di pasar internet.
Bagi Dropshiper :
  • Lebih mudah karena tidak perlu menyediakan banyak modal untuk stok produk.
  • Tidak perlu menyediakan stok produk, dan tidak ada resiko jika barang tidak laku.
  • Tak perlu repot-repot packing dan mengirimkan produk kepada konsumen, karena sudah dilakukan oleh pihak supplier.
  • Bisa dengan mudah membuat toko online yang menyediakan berbagai macam barang atau produk yang di sediakan oleh supplier.

Persaingan Tidak Sehat Bisnis Dropship di Marketplace

Berdasarkan analisa dan pengalaman saya pribadi yang sebelumnya pernah terjun di sistem bisnis dropshiper, hasilnya adalah kurang memuaskan. Terutama bila menjual produk-produk tersebut di berbagai marketplace Indonesia.

Saya berani menyimpulkan seperti ini karena memang untuk persaingan harga penjualan produk di berbagai macam marketplace Indonesia sangat tidak sehat, apalagi bila pihak supplier memiliki banyak sekali member yang aktif tentu persaingan antar dropshiper semakin memanas. 

Sebagai contoh saja di Bukalapak dan Tokopedia, sudah terdapat banyak sekali pelaku dropship yang menjual pruduknya secara online disana, jadi jangan heran bila anda sering menemui produk yang sama persis namun harganya berbeda-beda. Berbagai macam cara dilakukan oleh pelaku dropshiper agar produk yang di tawarkan dapat terjual meskipun harus membanting harga, dan bahkan saya pernah menemui banyak pelaku dropshiper yang menjual produknya hanya berselisih 2000 rupiah dari yang telah di tetapkan oleh pihak supplier, mereka hanya mendapatkan keuntungan 2000 rupiah dari setiap produk yang terjual.

Bila produk yang di jual berupa fashion pria atau wanita, ideal keuntungannya paling tidak antara 20-50 ribu per produk. Menyadari persaingan antar member dropshiper dan harga yang tidak sehat, akhirnya saya memutuskan untuk berhenti menggeluti sistem bisnis dropshiper, meskipun sebenarnya masih banyak alternatif lain selain marketplace untuk menjual produk.


Baca Juga :

Bila anda ingin terjun ke sistem bisnis dropship, sebaiknya pahami terlebih dahulu betul-betul supplier yang akan anda gunakan, seperti harga per produk dan member dropshiper atau reseller yang aktif di supplier tersebut, bila member dropshiper atau reseller terdapat sangat banyak kemungkinan untuk persaingan harga tidak sehat, dan menurut saya bukanlah pilihan yang tepat. 

Kecuali bila anda sudah memiliki toko online di marketplace yang sudah memiliki rating bagus, hal tersebut bukanlah masalah karena konsumen kebanyakan lebih memilih toko online yang sudah memiliki rating bagus meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Memang pada dasarnya membangun toko online di marketplace bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan sampai mendapat kepercayaan dari konsumen, di butuhkan ketekunan, kesabaran dan strategi yang tepat agar toko online yang bangun dapat berkembang.

Penutup:

Bagi anda yang akan memulai sistem bisnis seperti ini, saran saya carilah supplier yang memiliki member masih sedikit untuk meminimalisir persaingan harga sesama member yang tidak di inginkan, sukur-sukur anda sudah memiliki produk sendiri sehingga tidak perlu pusing memikirkan persaingan penjualan produk yang sama namun harga berbeda beda. Semoga beruntung!

Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Berlangganan Artikel Gratis Via Email



Copyright © 2016 - 2017 TWD.WEB.ID All Rights Reserved | About me | Contact us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap | Link Partner