Serba Tutorial | Internet Marketing | Blogging | Komputer | Smartphone

7 Tips Mengembalikan Performa Android yang Menurun




Saat pertama kali membeli smartphone baru, tentu kita dapat merasakan performanya yang cepat. Tetapi setelah pemakaian beberapa bulan dirasa mulai selalu kekurangan memori hingga baterai yang cepat habis. Ini tandanya performa smartphone android kita mulai menurun. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan performa android sehingga seperti saat pertama kali kita membeli smartphone.
Cara Mengembalikan Performa Android Seperti Baru

1. Menghapus Aplikasi
Sebaiknya hapuslah aplikasi pada smartphone android yang tidak perlu dan tidak terlalu sering dipakai. Walaupun aplikasi yang tak terpakai tersebut tidak dibuka, namun aplikasi tersebut terus bekerja di belakang layar. Sehingga memori RAM smartphone menjadi berkurang dan performa android pun menurun.

2. Matikan Aplikasi Belakang Layar
Mengaktifkan auto update pada Play Store, menerima email otomatis dan notifikasi update terbaru dapat menyebabkan performa android menurun. Jika tidak terlalu sering menerima email, sebaiknya matikan mode belakang layar pada aplikasi smartphone. Gunanya adalah mengurangi kinerja memori RAM.

3. Matikan Pemakaian Widget
Pemakaian widget yang berlebihan juga dapat menurunkan performa. Widget yang terlalu banyak dapat membebani memori RAM sehingga kinerja smartphone menurun. Sebaiknya pasang widget yang penting-penting saja, seperti kalender dan jam.

4. Matikan Penggunaan Live Wallpaper
Penggunaan live wallpaper atau wallpaper gerak memang dapat membuat smartphone lebih menarik untuk dilihat. Tetapi penggunaannya ini dapat membebani kinerja smartphone. Ada baiknya, gunakan wallpaper statis saja yang tidak membebani memori RAM.

5. Membersihkan Ruang Penyimpanan
Menghapus cache dan file-file yang sudah tidak diperlukan lagi dapat melegakan ruang penyimpanan. Dengan semakin banyaknya ruang penyimpanan internal yang masih tersedia, maka kinerja RAM juga tidak akan terlalu berat. Selain itu juga dapat meningkatkan performa kinerja smartphone android.

6. Menyimpan instalasi aplikasi dan game di SD card
Dengan menyimpan aplikasi dan game di SD card (memori eksternal) membuat memori internal atau RAM dapat bernafas lega. Secara otomatis dapat memaksimalkan kinerjanya juga.

7. Kembali ke Pengaturan Pabrik
Jika semua langkah di atas sudah dilakukan tetapi performa android masih lambat, maka kita dapat mengembalikan ke pengaturan pabrik. Walaupun cara ini sedikit ekstrim, tetapi ini cara yang paling ampuh dilakukan. Sebelumnya, jangan lupa untuk back up dulu data-data penting yang ada di smartphone android.

Semua langkah di atas dapat dicoba untuk mengatasi performa smartphone yang mulai menurun dan mengganggu aktifitas di smartphone android.


Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Berlangganan Artikel Gratis Via Email



Copyright © 2016 - 2017 TWD.WEB.ID All Rights Reserved | About me | Contact us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap | Link Partner