Serba Tutorial | Internet Marketing | Blogging | Komputer | Smartphone

Cara Melacak Smartphone yang Hilang dengan Android Device Manager




Smartphone belakangan ini sudah menjadi kebutuhan yang penting. Selain untuk komunikasi, smartphone dirasa lebih fleksibel jika dibawa kemanapun. Namun, justru karena sifatnya itulah tidak jarang kita sembrono dalam membawa dan meletakkan smartphone kita. Disinilah memicu adanya kejahatan.

Apakah anda pernah kehilangan smartphone ? Baik karena dicuri maupun karena lupa. Mari kita ketahui dulu cara melacak smartphone yang hilang dari android anda. Sedia payung sebelum hujan, untuk berjaga-jaga jika Android anda hilang tidak ada salahnya anda mendownload aplikasi android device manager. Aplikasi ini berfungsi mengendalikan perangkat android anda dari jarak yang jauh jika sewaktu-waktu hilang.

Caranya, setelah anda menginstall silakan anda login menggunakan akun google yang aktif pada smartphone anda. Jika anda menggunakan 2 buah smartphone, anda bisa menemukan lokasi smartphone yang hilang langsung dari smrtphone anda lainnya. Kemudian, anda bisa pilih perintah seperti memaksanya berdering, mengunci atau menghapus data di dalamnya.

Baca Juga : 5 Cara Menghemat Baterai Andoid yang Baik dan Benar

Melacak Menggunakan GPS

Sementara jika anda ingin melacak smartphone yang hilang tanpa menggunakan aplikasi, anda bisa menggunakan opsi yang kedua yaitu menggunakan GPS. Namun, melacaknya haruslah dipastikan memiliki koneksi data yang stabil do smartphone anda. Aktifkan GPS anda, bukalah menu google setting. Untuk mengaktifkan google setting, anda bisa menuju menu tap android device manager. Centanglah menu remotely locate this device dan Allow Remote Lock and factory reset.

Setelah itu masuklah ke website www.google.com/android/devicemanager, masukkan user dan password anda degnan ketentuan harus sama pada akun di smartphone anda yang hilang. Setelah itu akan muncul tampilan dengan pilihan klik accept atau terima. Tunggu beberapa saat, hasilnya akan anda dapatkan.

Untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan seperti dicuri, anda bisa mengunci android anda dengan password menggunakan fitur “lock”. Hal ini bisa anda lakukan jika anda rasa smartphone anda disembunyikan atau lupa menaruhnya. Namun jika smartphone anda dalam keadaan silent, anda bisa menggunakan fitur ring. Cara ini bisa membuat smartphone anda mengeluarkan suara penuh.

Baca Juga : Cara Ampuh Mencegah Smartphone Android Terkena Virus

Satu hal yang perlu diingat adalah cara melacak smartphone yang hilang ini hanya bisa anda lakukan jika smartphone dalam keadaan aktif. Meskipun belum ditemukan cara yang tepat untuk mencari smartphone yang hilang dalam keadaan mati, setidaknya hal ini bisa menjadi antisipasi untuk menemukan kembali smartphone anda. Selamat mencoba !


Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Berlangganan Artikel Gratis Via Email



Copyright © 2016 - 2017 TWD.WEB.ID All Rights Reserved | About me | Contact us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap | Link Partner