Serba Tutorial | Internet Marketing | Blogging | Komputer | Smartphone

Cara Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus




Cara Mencegah Komputer atau Laptop Terkena Virus - Masalah yang sering terjadi pada komputer atau laptop adalah serangan virus. Perangkat komputer yang terkena virus biasanya beberapa programnya sering not responding terutama saat membuka Windows Explorer. Selain itu terdapat aplikasi tak dikenal atau yang tidak pernah terinstall muncul secara misterius. Untuk mencegah komputer terkena virus, ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan.

Baca juga : Antivirus Terbaik dan Ampuh untuk Memberantas Virus di Komputer

Cara Mencegah Komputer Terkena Virus

1. Selalu Berhati-hati terhadap Flashdisk dan Memori
Salah satu cara virus komputer menyebar adalah melalui flashdisk, memori, hingga hardisk eksternal yang berpindah-pindah. Usahakan selalu scan perangkat yang akan dicolokkan ke komputer atau laptop.

2. Jangan Mendownload Sembarangan
Komputer yang sering terkoneksi dengan internet mempunyai potensi untuk terserang virus lebih besar daripada yang tidak pernah terhubung dengan internet. Virus seperti Trojan dan worm akan dengan mudah masuk ke saat kita mendownload secara sembarangan. Sebaiknya tidak mendownload suatu konten atau file dengan sumber tidak terpercaya.

3. Gunakan Kombinasi Antivirus
Dengan menggunakan dua anti virus maka akan semakin efektif deteksi terhadap ancaman virus berjenis malware. Cukup install dua antivirus saja, jangan banyak-banyak. Anti virus lokal seperti Smadav dan anti virus internasional seperti Avast bisa menjadi kombinasi yang pas.

4. Matikan Autorun
Dengan menonaktifkan fitur autorun, kita dapat mengantisipasi supaya file atau program yang berisi virus tidak dapat dijalankan secara otomatis.

5. Memakai Aplikasi Deep Freeze
Cara kerja Deep Freeze yaitu membekukan semua perubahan yang kita lakukan. Intinya akan mengembalikan semua perubaban yang terjadi pada perangkat kita termasuk data dan aplikasi yang terinstall. Untuk mengtasinya maka simpanlah data dan aplikasi penting pada disk D atau E.

6. Selalu Mengaktifkan Firewall
Jika komputer selalu terhubung ke jaringan, maka aktifkan firewall yang disini berfungsi sebagai tembok penghalang bagi masuknya virus malware. Firewall dapat memutuskan apakah perangkat kita bisa terhubung ke jaringan atau apabila berbahaya berisi virus dapat memblokirnya.

7. Mengupdate Antivirus
Mengupdate antivirus sangat penting dilakukan karena banyaknya virus baru yang bermunculan apalagi jika kita selalu terhubung ke internet.

Baca Juga : Cara Membuat Virus Komputer Sederhana Menggunakan Notepad

Setelah mengetahui cara mencegah komputer terkena virus, maka kita akan semakin paham bagaimana cara penggunaanya dengan baik. Dengan demikian komputer kita akan akan memiliki waktu pemakaian dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu tugas atau pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.


Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Berlangganan Artikel Gratis Via Email



Copyright © 2016 - 2017 TWD.WEB.ID All Rights Reserved | About me | Contact us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap | Link Partner