Serba Tutorial | Internet Marketing | Blogging | Komputer | Smartphone

Perbedaan Toko Online dan Market Place yang Perlu Diketahui oleh Pebisnis Online




Perbedaan Toko Online dan Market Place – Segala hal yang berhubungan dengan internet memang begitu booming di tahun-tahun terakhir ini. Bahkan segala hal akan dikaitkan dengan penggunaan jaringan ini. Memang, selain praktis pengguna juga akan dimudahkan dalam melakukan segala aktivitasnya.

Bagi kamu yang terjun dalam dunia bisnis online tentu mencermati perbedaan antara toko online dan market palce bukan hal yang sulit. Namun, bagaimana dengan kamu yang baru masuk dalam dunia ini. Berikut sedikit ulasan mengenai perbedaan toko online dan market place secara menyeluruh.

Perbedaan Toko Online dan Market Place

Mengenal Konsep dari Toko Online
Toko online adalah sebuah toko ritel yang mana dalam pengoprasiannya dilakukan secara virtual. Pihak penjual akan membeli sejumlah barang secara grosir dan menjualnya kembali dalam bentuk ritel kepada pembeli. Kegiatan ini dilakukan melalui perantara internet yang begitu booming saat ini. Penjual bisa membuat situs web pribadi sebagai lapak promosi barang jualannya tersebut.

Dalam hal ini, penjual juga harus memastikan berapa banyak stok barang yang akan dipasarkan. Selain itu penjual juga harus memperkirakan berapa keuntungan kotor yang masih dikurangi dengan biaya lain seperti ongkos kirim, biaya packaging, biaya promosi dan lainnya. Baru setelah itu didapatkan keuntungan bersihnya.

Mengenal Konsep Dari Marketplace
Banyak orang yang beranggapan jika toko online adalah market place. Namun anggapan tersebut kurang benar. Market place adalah sebuah lapak di internet yang mana akan banyak penjual dan pembeli berkumpul dalam proses transaksi jual beli yang dilakukan. Disini diibaratkan ada yang ingin mencari barang dan ada pihak lain yang sedang menawarkan barang jualannya tersebut.

Konsep market place sendiri tidak berbeda jauh dari fungsi pasar tradisional, dimana akan ada penjual dan pembeli di dalam satu tempat. Dalam bisnis market place sendiri, penjual tidak lagi dipusingkan dengan keuntungan kotor yang harus dikurangi biaya lainnya. Pada konsep ini penjual akan menerima keuntungan bersih yang akan dipotong biaya transaksi saja.

Itulah ulasan mengenai perbedaan antara toko online dan market place. Dapat disimpulkan dari perbedaan tersebut, keduanya sama-sama bisnis online yang dapat menguntungkan sekaligus memudahkan si penjual untuk menemukan si pembeli yang tepat, begitu pun sebaliknya.


Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Berlangganan Artikel Gratis Via Email



Copyright © 2016 - 2017 TWD.WEB.ID All Rights Reserved | About me | Contact us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap | Link Partner