Serba Tutorial | Internet Marketing | Blogging | Komputer | Smartphone

Tips Ampuh Mengatasi Smartphone Android Agar Tidak Lemot




Smartphone memang menjadi kebutuhan setiap orang. Namun bagaimana jika smartphone anda menjadi lemot? Tentu, ini membuat anda tidak nyaman dalam menggunakannya. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui tips agar smartphone tidak lemot untuk menjaga kecepatan smartphone anda tetap optimal.

Smartphone lemot bisa dipengaruhi karena terlalu banyak aplikasi yang dipasang. Sebaiknya perhatikan aplikasi berguna apa saja yang dipasang dalam smartphone. Untuk mencegah agar tidak lemot, berikut tips agar smartphone tidak lemot yang bisa anda gunakan.

1. Sering update software
Tips pertama agar smartphone tidak lemot yaitu sering mengupdate software. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang dibawa oleh sistem sebelumnya. Dengan sering mengupdate maka dipastikan smartphone anda lebih baik dari sebelumnya.

2. Hapus atau hentikan aplikasi yang tidak terpakai
Banyak aplikasi yang menarik diawal namun memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang dipasang sebelumnya. Tentu, ini akan membuat ruang penyimpanan di android menjadi tersita dan lemot.

3. Perhatikan jumlah memori
Jika kapasitas memori anda cukup kecil maka anda harus menyesuaikan aplikasi yang bisa dipasang sesuai dengan jumlah memori. Bila smartphone anda memiliki kapasitas penyimpanan 8GB, maka harus tersedia sekitar 1GB memori yang tidak terpakai.

4. Gunakan 1 aplikasi antivirus
Setiap smartphone memang harus memiliki 1 aplikasi antivirus. Aplikasi ini berguna untuk mencegah virus yang masuk dalam smartphone. Untuk itu aplikasi antivirus bisa berguna untuk mengatasi smartphone lemot.

5. Kurangi penggunaan widget
Widget memang membuat tampilan smartphone anda menjadi menarik. Namun jika anda tidak mengurangi penggunaan widget bisa menyita RAM lebih besar dan mengakibatkan smartphone menjadi lemot. Sebaiknya kurangi penggunaan widget.

6. Kurangi atau matikan animasi di android
Tips lainnya agar smartphone tidak lemot dengan mengurangi atau mematikan animasi android. Anda bisa mengaturnya pada settings - developer options, ubah nilai windows animation scale, transition animation scale, dan animator duration scale ke nilai terkecil, atau dibuat off sekalian.

7. Bersihkan cache data
Dengan adanya cache pada smartphone, anda bisa cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun, ini akan berdampak pada smartphone anda menjadi lemot. Oleh karena itu bersihkan cache atau tempat penyimpanan data yang pernah anda gunakan.

Baca Juga : Daftar Aplikasi Antivirus Terbaik di Android Paling Rekomendasi

Itulah tips agar smartphone tidak lemot. Jika anda sering mengeluh karena smartphone anda sering lemot maka anda bisa menggunakan salah satu tips ini untuk memulihkan dan mempercepat smartphone seperti sebelumnya.


Tags :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Berlangganan Artikel Gratis Via Email



Copyright © 2016 - 2017 TWD.WEB.ID All Rights Reserved | About me | Contact us | Privacy Policy | Disclaimer | Sitemap | Link Partner